Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Introduksi

Blog ini mengemas NEWS, PROSA, PUISI, dan CERITA-SEKITAR-KITA. Sebagian besar berisi berita yang "Tidak Mengenakkan Dalam Masyarakat". Alasannya adalah supaya para pembaca tidak ikut-ikutan menjadi Orang Indonesia yang "Buruk". Kita sudah bosan dengan kerusuhan, konflik, entah atas dasar SARA atau Intervensi Asing, jadi marilah kita lindungi diri kita dari orang atau kelompok yang "Menginginkan Keburukan Terjadi Dalam Negeri Kita Ini".


_Asah Terus Penamu_





WeDaySupport

Tamu Wajib Lapor










hibah sejuta buku

PNS di Larantuka Terkena AIDS

  • Kamis, 06 Oktober 2011
  • A. Moses Levitt
  • Label , , ,
  • Seorang PNS di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT terkena HIV/AIDS. Sebelumnya seorang ibu melahirkan terkena HIV/AIDS dan dua warga Larantuka meninggal saat mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daearah (RSUD) Larantuka.

    PNS dilingkungan Pemkab Flotim tersebut sedang mendapat perawatan intensif baik oleh keluarga maupun rumah sakit.
    Penyakit HIV – AIDS akibat seks bebas dan penggunaan jarum suntik.

    Terungkapnya PNS yang terkena HIV/Aids tersebut disampaikan,
    Direktur RSUD Larantuka, dr. Yoseph Kopong Daten kepada wartawan, Rabu (5/10/2011).

    Ia mengatakan, dalam tiga bulan terakhir sudah beberapa warga yang dengan kerelaannya diperiksa di klinik visity sehingga diketahui mereka terkena HIV/Aids.

    Namun, soal angka secara keseluruhan, dr. Yoseph mengakui sekitar 46 kasus ditahun 2010 dan belum dihitung secara keseluruhan ditahun 2011.

    Umumnya meningkat kasus HIV/AIDS di Flotim. Soal HIV/aids ini ada lembaga KPAD yang terus melakukan sosialisasi,”terangnya.

    Terhadap meningkatnya meningkatnya penindap HIV/Aids di Flotim, DPRD Flotim telah menetapkan Perda HIV/Aids namun hingga kini Perda tersebut belum jalan.

    Dalam perda tersebut ada upaya paksa wajib periksa bagi penderita HIV/Aids yang sudah diketahui melalui pemeriksaan medis.

    Jika warga masyarakat yang membutuhkan jasa pelayanan administrasi kependudukan seperti pengurusan KTP, akte, surat kelakuan baik dan lain-lain, maka terdahulunya dilakukan pemeriksaan HIV/AIDS. Tes HIV/AIDS ini juga dilakukan pada saat para pencari kerja mengikuti seleksi menjadi CPNSD.

    Upaya paksa hukum itu dikatakan Wakil Ketua DPRD FLotim,
    Antonius Hubertus G. Hadjon dimungkinkan karena hukum dari filosofi sifatnya dapat dijadikan alat paksa oleh negara.

    Upaya paksa tersebut dilakukan demi keselamatan warga negara dari bahaya HIV/AIDS. "
    Daya bunuh HIV/AIDS lebih besar ketimbang bahaya bencana alam,"katanya.

    Selain upaya paksa dengan jalur formal, Anton mengatakan, diusulkan untuk
    memperketat pemeriksaan di pintu keluar masuk perantau asal Flores Timur. Hal tersebut penting dilakukan karena berdasarkan contoh kasus, HIV/AIDS merupakan yang terbawa oleh para perantau.

    1 komentar:

    Catatan Lepas Nick Doren mengatakan...

    Mari berantas HIV/AIDS..
    Utk urusan Flores, harusnya pemerintah pun melibatkan pihak Gereja untuk mensosialisasikan bahaya dan penanggulangan HIV/AIDS.

    Related Posts with Thumbnails

    La Musica