Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Introduksi

Blog ini mengemas NEWS, PROSA, PUISI, dan CERITA-SEKITAR-KITA. Sebagian besar berisi berita yang "Tidak Mengenakkan Dalam Masyarakat". Alasannya adalah supaya para pembaca tidak ikut-ikutan menjadi Orang Indonesia yang "Buruk". Kita sudah bosan dengan kerusuhan, konflik, entah atas dasar SARA atau Intervensi Asing, jadi marilah kita lindungi diri kita dari orang atau kelompok yang "Menginginkan Keburukan Terjadi Dalam Negeri Kita Ini".


_Asah Terus Penamu_





WeDaySupport

Tamu Wajib Lapor










hibah sejuta buku

Ambiguitas

  • Kamis, 11 Agustus 2011
  • A. Moses Levitt
  • Label , ,
  • *Ishtya pernah membacakan puisi ini dalam ketidaktahuan di sebuah acara api unggun di puncak Semeru. dia menjadi malu dan jijik pada saya sebab saya patriarkhis, katanya. saya memandang rendah perempuan dan melanggengkan stereotype yang lelaki percayai: wanita itu makhluk kotor, ular. tapi ketika kembali ke rumah, saya bicara baikbaik dengannya. saya katakan, sajak ini saya tulis berdasarkan pengalaman nyata dan pribadi ketika saya naik kereta di Tebet menuju Bojonggede. ada gerbong untuk perempuan di 1 dan 8 tapi banyak yang naik di gerbong lain. mereka tidak berpegangan pada gantungan sebab padat manusia. mereka sibuk dengan BB. lalu kereta menghentak dan mereka terhempas. ketika menamrak lelaki di belakangnya, mereka memandangnya jijik, seperti lelaki jelek itu baru merabaraba tubuh mereka*





    Kereta
    pintu yang buka tutup tanpa sebab
    kepala yang menjulur lalu mencaricari
    kakimu menginjak tumpukan kaki
    dan kau mengucap maaf meski kau telah didorong

    Tubuh lain yang molek
    membelahbelah bagian dadanya dengan bebe di tangan
    malaskah dikau berpegang ke atas, wanita?
    lalu dia terhempas mencari pegangan

    Tubuh lelaki yang kaku dan jantan
    tegak agak terhuyung marahmarah
    sebab dikau hanya mengeluh dan memandang jijik

    "jangan pernah memuji dirimu."
    sebab siapa yang kan melecehkan dirimu
    jika bukan dirimu sendiri, wanita?

    0 komentar:

    Related Posts with Thumbnails

    La Musica